REFLEKSI PERTEMUAN I

KELOMPO I

PENGERTIAN DASAR DALAM EKOLOGI TUMBUHAN

1. Pengertian Ekologi adalah ilmu yang mempelajari antara interaksi manusia dengan lingkungannya.

2. Pengertian Ekologi Tumbuhan Ekologi tanaman mengandung dua pengertian, yaitu ekologi sebagai ilmu dan tanaman sebagai obyek. Tanaman mengandung arti tumbuhan yang telah dibudidayakan untuk maksud tertentu, sehingga hasilnya dijadikan sebagai alat pemenuhan kebutuhan yang memiliki nilai ekonomi.

3. Ekologi tumbuhan terbagi atas

  1. Autekologi (Ekologi Spesies) Autekologi, yaitu ekologi yang mempelajari suatu spesies organisme atau organisme secara individu yang berinteraksi dengan lingkungannya. Contoh autekologi misalnya mempelajari adaptasi pohon pinus terhadap lingkungannya.
  2. Sinekologi (Ekologi komunitas) Sinekologi, yaitu ekologi yang mempelajari kelompok organisme yang tergabung dalam satu kesatuan dan saling berinteraksi dalam daerah tertentu. Contoh sinekologi misalnya mempelajari struktur dan komposisi spesies tumbuhan di hutan gambut.

4. Kerusakan lingkungan masih belum dapat ditanggulangi secara maksimal, namun kita sebagai warga kota dapat memberikan kontribusi pada lingkungan dengan cara membuat media tanam polybag, sebab lahan di daerah erkotaan yg sempit serta ini dapat membantu dalam mengatasi kerusakan lingkungan yang parah saat ini.

KELOMPOK II

TUMBUHAN DALAM LINGKUNGAN

1. Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan.

2. Lingkungan dibagi menjadi dua yaitu:

  1. Lingkungan Makro
  2. Lingkungan Mikro

3. Lingkungan Biotik adalah suatu lingkungan yang mempunyai kehidupan, dicontohkan : hewan , manusia , mikroorganiseme.

4. Lingkungan Abiotik adalah lingkungan benda yang tidak hidup , misalnya air, udara, tanah, dan lain lain.

5. Faktor Pembatasn adalah eksistensi dari keberhasilan suatu organisme atau kelompok organisme tergantung pada keadaan lingkungan yang sangat rumit. Suatu keadaan yang melampaui batas-batas toleransi disebut keadaan yang membatasi.

6. Relung atau niche merupakan tempat makhluk hidup berfungsi di habitatnya, bagaimana cara hidup, atau peran ekologi makhluk hidup tersebut.

7. Strategi Tumbuhan Terhadap Stres di bagi menjadi dua yaitu

  1. Abiotik terdiri dari Strategi tumbuhan terhadap kelebihan air, terhadap kekurangan air, terhadap salinitas, terhadap kekurangan oksigen, terhadap suhu, terhadap cahaya.
  2. Biotik

8. Adaptasi merupakan proses penyesuaian diri makhluk hidup dengan keadaan lingkungan sekitarnya.

9. Macam-macam adaptasi tumbuhan

  1. Adaptasi Morfologi
  2. Adaptasi Fisiologi
  3. Adaptasi tingkah laku

10. Abaptasi merupakan suatu bentuk penyesuaian makluk hidup dimana makluk hidup sangat sulit untuk menyesuaikan dengan lingkungannya, karena kondisi lingkungan yang tidak mendukung pada cara kehidupan makhluk hidup tersebut. Contoh tumbuhan kaktus yang biasanya hidup di daerah gurun pasir, namun mampu hidup di dataran rendah maupun tinggi.

11. Indikator ekologi adalah fisik, kimia, atau tindakan biologis yang paling mewakili unsur-unsur kunci dari ekosistem yang kompleks. 12. Contoh dan Manfaat Indikator Ekologi

  • Contoh: Jumlah yang berbeda pada kumbang taksa yang ditemukan di lapangan dapat digunakan sebagai indikator keanekaragaman hayati.
  • Manfaat: Mengetahui macam-macam ekosistem termasuk biologi, Kimia dan fisika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: